Apa itu Blog?

Apa itu Blog?Untuk blogger, kata Blog memang sudah sering di dengar atau melihat nya sendiri, mungkin ada yang menganggap website biasa juga di sebut Blog. Supaya blogger tidak salah mengartikan blog, maka saya akan menjelaskan dengan rinci mengenai blog dan perbedaan antara website statis (biasa) dengan blog.

Blog merupakan singkatan dari "web log" yaitu merupakan aplikasi web yang di muat sebagai posting berupa tulisan pada sebuah halaman web, situs web ini biasanya dapat di akses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Blog muncul pada tahun 1990-an, dan di perkenalkan oleh John Barger tanggal 17 Desember 1997, istilah ini di persingkat menjadi blog oleh Peter Merholz.

Perbedaan blog dengan website biasa yaitu blog lebih gampang untuk mengupdate informasi, sedangkan website biasa (statis) halamannya banyak yang tetap dan update hanya berisi dari halaman tersebut, serta blog  lebih dinamis dan gampang dalam menggunakannya.

Website statis biasanya di gunakan untuk menjual, sedangkan blog mengutamakan interaksi dari pemilik dan pembaca blog (pengunjung), di mana pembaca blog dapat memberi komentar atau tanggapan dari artikel yang di buat atau di posting oleh pembuat blog.

Awalnya, blog di gunakan oleh blogger sebagai catatan online, dan bebas di baca bagi siapa saja di internet.

Umumnya, blog di bagi menjadi 2 yaitu blog gratisan dan blog berbayar :

Blog gratisan adalah blog yang di buat oleh pembuat situs atau program penyedia blog gratis, seperti : blogger.com, wordpress.com, blogdetik.com, dan masih banyak lagi blog gratisan lainnya.

Kalau, blog berbayar adalah blog yang di buat menggunakan nama domain dan hosting, sehingga di sebut blog berbayar, Anda harus mengeluarkan uang dengan membeli domain dan hosting melalui situs penyedia domain dan hosting tersebut

Perbedaan lain dari blog gratisan dan blog berbayar :

Untuk blog gratisan terlihat kurang profesional karena menggunakan sub domain, contohnya : namablogAnda.blogsdpot.com atau namablogAnda.wordpress.com, kelangsungan blog tersebut bergantung pada situs penyedianya. Kalau penyedia blog gratisan tersebut menghentikan layanan nya, otomatis blog Anda akan hilang.

Kalau untuk blog berbayar menggunakan Top Level Domain (TLD), yang mempunyai akhiran : .com, .org, .info, .net, contohnya : namablogAnda.com, namablogAnda.net , sehingga terlihat lebih proffesional, dan blog berbayar tidak akan hilang selama Anda memperpanjang setiap tahunnya.

Jika ingin serius berbisnis online di internet tentu lebih baik menggunakan blog berbayar, kalau untuk blog pemula sih  tidak masalah, karena dengan blog gratisan Anda juga bisa memiliki penghasilan dari internet dan bisa mengupgradenya jika suatu saat Anda merubahnya menjadi blog berbayar.

Saran saya :
Jika Anda ingin membuat blog gratisan, lebih baik menggunakan blogger.com seperti saya saat ini, karena situs ini adalah milik om Google.

Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar tentang kritik, saran dan lainnya di bawah ini, tetapi sesuai dengan isi artikel ya.

Jika ada waktu, saya akan membalasnya segera.
Mohon Maaf, Harap jangan ada yang Spam, Spam akan di hapus.
Terima kasih !!!